Posted on

Client server model dan peer to peer model

Clinet server adalah model jaringan komputer yangmembutuhkan 1 perangkat sebagai server dan perangkat lainnya sebagai client yang terhubung pada server. Server berfungsi sebagai penyedia data, aplikasi, dan lainnya, juga megatur hak akses client nya, Sedangkan client adalah perangkat yang menerima data dari server. Contoh penggunaannya seperti jaringan di perkantoran, sekolah, dan universitas.

Jaringan model client server memiliki keamanan tinggi karena semuanya diatur oleh server, semua data dapt di backup oleh server, kerusakan pada satu client tidak berpengaruh pada client lain. Namun dalam pelaksanaanya membutuhkan administrator yang handal, membutuhkan biaya yang mahal dalam pemasangannya, dan kelancaran kinerja jaringan sangat bergantung pada server.

images

Peer to peer  adalah model jaringan dimana setiap komputer dapat berperan sebagai server dan client. Setiap komputer yang terhubung didalam jaringan dapat langsung berkomunikasi ke komputer lainnya tanpa perantara. Conoh penggunannya seperti situs torrent.

Jaringan model peer to peer memiliki keamanan yang kurang karena harus diatur masing-masing oleh client,  kerusakan pada satu komputer berpengaruh pada komputer lainnya, juga tidak cocok diterapkan pada network skala besar karena terlalu rumit. Namun memiliki kelebihan biaya pemasangan lebih murah, tidak bergantung pada server.images1peer_to_peer1

Leave a comment